salam.. sebelumnya saya pernah cerita bagaimana proses saya
bisa nyampe keterima di Alfamart, kali ini saya mau sedikit share pengalaman
saya selama ikut program CT. Sebelum masuk cerita saya mau sedikit jelasin dulu
apa itu DC “biar temen-temen ga pusing DC tuh apaan,heheheheheh”, DC sebenernya
singkatan dari distrubituion centre atau biar lebih gampangnya DC tuh gudang pusat
yang nyimpen persediaan barang minimalnya buat 400 toko alfamart, kebayang kan
gedenya segede gimana tuh bangunan DC??
Di alfamart masih ada dua tipe DC
pertama DC conveyor yang kedua DC non-conveyor, nah loh pusing lagi ada istilah
conveyor, jelasin lagi dikit yah, kalo di DC conveyor proses kerjanya ga semua
pake orang tapi udah dibantu pake mesin conveyor, jadi barang yang udah
disiapin buat dikirim ke toko udah ga pake orang buat ngangkut-ngangkut
barangnya tapi tinggal di simpen di mesin conveyor udah gitu si mesin langsung
nempatin barang-barangnya sesuai toko yang mau dikirim “yaaah kalo di DC
conveyor udah canggih lah”, sebaliknya
kalo DC yang non-conveyor masih pake orang buat proses kerjanya “kebayang kan buat
nyiapin dikitnya 400 toko orangnya sebanyak apa kalo di DC non-conveyor”.
Pertama saya ceritain observasi
saya di DC yang non-conveyor dulu yaah. Observasinya di DC
Cileungsi 2 yang beralamat di Jl. Raya Narogong Km. 23,8, Cileungsi, Bogor,
observasi saya disini tujuanya biar tau gimana alur kerja dari mulai pesen
barang ke supplier sampe dengan barangnya dikirim ke toko. Alur kerjanya
dimulai dari pihak admin receiving ngirim PO ke pihak supplier, udah PO dikirim
tar pihak supplier datang ke DC buat ngasihin barang sama faktur, gak
sembarangan main terima aja sebelum barang diterima sama pihak DC driver yang
dikirim pihak supplier sebelumnya daftar dulu ke loket pendaftaran buat ngambil
nomor antrian bongkar barang, nah pas si driver itu daftar sama pihak admin
receiving di proses dulu fakturnya cocok gaknya antara faktur sama PO yang
dikirim DC, nah kalo udah cocok tar driver dapet nomor antrian buat di bongkar
barangnya. Pas barang di bongkar sama pihak checker receiving di cocokin lagi
antara PO, faktur sama fisik barangnya, kalo udah cocok ditempel frequented (data
petunjuk barang biar tau barang datangnya kapan jadi expirednya ketahuan) baru
sama helper receiving di pindahin tuh barang dari tempat bongkaran ke area
transit udah itu keluar yang namanya LPB (laporan penerimaan barang) pas keluar
LPB artinya barang udah resmi diterima sama DC. Barang udah di area transit tar
di cek lagi sama checker progres udah di cek tar barang di pindahin sama helper
progress buat di pindahin dari area transit ke area storage. Udah di area
storage tar barang dipindah ke area display pcs buat di picking ke kontainer (tempat
barang satuan buat dikirim ke toko) sama
display case buat barang per karton, lalu helper issuing nyiapin barang
kartonan sama kontainer yang udah terisi barang satuan buat di grouping per
toko sama per gate loading barang di area gruping, setelah itu helper issuing mindahin
barang di area grouping ke area loading lalu sama checker issuing barang di cek
pake form kolian (form yang isinya data barang apa aja yang dikirim per toko) udah
di cek sama checker isuing barang di cek lagi pake form kolian sama driver buat
dikirim ke toko lalu di toko form kolian sama fisik barang di cek lagi sama pihak
toko. Ketika barang dikirim sama driver ke toko, pihak toko ngasih barang retur
sama NRB (nota retur barang) ke driver buat dikirim driver ke DC lagi, barang
retur dirposes ada yang barangnya dismpan lagi, ada yang di retur ke supplier,
ada yang di bazzar, ada yang dimusnahkan barangnya / dibakar. Yaaah kurang
lebih kaya gitu alur barang di DC non-conveyor.
Sekarang
nyeritain di DC conveyor, secara garis besar kalo alur barang sama kaya di DC
non-conveyor, baiar temen-temen ngerti bedanya diceritain lagi di awal aja yaah.
Observasi DC conveyor dilakukan di DC Bogor yang beralamat di Jl. Raya Pemda
Kradenan , Kec. Cibinong, Bogor. Alur
kerjanya sama dimulai dari pihak admin receiving ngirim PO ke pihak supplier,
udah PO dikirim tar pihak supplier datang ke DC buat ngasihin barang sama
faktur, nah bedanya pas driver daftar ke loker pendaftaran pihak loket ngasih
no antrian sama barcode pallet ke pihak driver, kalo di DC non-conveyor minor
palletnya (jumlah tir stake barang) belum teratur jadi pihak DC pesen barangnya
bebas meskipun cuma satu karton/dus, kalo di DC conveyor pihak admin ngirim PO
ke supplier barangnya per minor pallet misalnya tir 6 stake 4 jadi pihak DC
pesen kelipatan per minor paletnya 24 karton dengan resiko bagi supplier ketika
misalnya ada satu barang cacad berarti satu minor pallet barang yang ga di
terimanaya. Ketika driver supplier dapet giliran bongkar barang pihak checker
receiving cocokin antara PO, faktur sama fisik barangnya, kalo udah cocok bedanya
kalo di conveyor per minor palletnya di pasang barcode tadi yang dikasih di
loket pendaftaran pengganti frequented, baru sama helper receiving di pindahin
tuh barang dari tempat bongkaran ke area transit udah itu keluar yang namanya
LPB (laporan penerimaan barang) pas keluar LPB artinya barang udah resmi
diterima sama DC. Barang udah di area transit tar di cek lagi sama checker
progres udah di cek tar barang di pindahin sama helper progress buat di
pindahin dari area transit ke area storage bedanya kalo di non-conveyor barang
di pindah ke storage mana saja yang kosong kalo di conveyor barang sudah punya
tempat sendiri di storage jadi pihak checker lebih mudah cari barang. Udah di
area storage lalu barang dipindah ke area display pcs buat di picking ke
kontainer sama display case buat barang per karton bedanya kalo di conveyor
barang sebelum masuk kontainer kuning (kontainer buat dikirim ke toko) barang
dimasukin dulu ke kontainer hijau (kontainer transit), perbedaan paling
keliatan disini kalo di non-conveyor barang dari area picking di pindah sama
helper kalo di conveyor barang di pindah ke area grouping per toko sama per
gate pake mesin conveyor, setelah itu helper issuing mindahin barang dari area
grouping ke area loading di area loading checker issuing cek barang pake form kolian
udah di cek sama checker isuing barang di cek lagi pake form kolian sama driver
buat dikirim ke toko lalu di toko form kolian sama fisik barang di cek lagi
sama pihak toko. Pas barang dikirim sama driver ke toko, pihak toko ngasih
barang retur sama NRB ke driver buat dikirim driver ke DC lagi, barang retur dirposes
ada yang barangnya dismpan lagi, ada yang di retur ke supplier, ada yang di
bazzar, ada yang dimusnahkan barangnya / dibakar. Yaaah kurang lebih kaya gitu
alur barang di DC conveyor.
Naaah
ini momen tegang buat peserta CT, setelah observasi hari seninnya review apalagi
reviewernya sama DWHM (deputy warehouse
manager). Yaaah meskipun masih dapet koreksian dari reviewer tapi
alhamdulilah lancar reviewnya.
Semoga
bermanfaat bagi teman-teman blogger.....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar