Minggu, 29 November 2015

Obsevasi DC Program CT Alfamart Batch 1 Regional 2

salam.. sebelumnya saya pernah cerita bagaimana proses saya bisa nyampe keterima di Alfamart, kali ini saya mau sedikit share pengalaman saya selama ikut program CT. Sebelum masuk cerita saya mau sedikit jelasin dulu apa itu DC “biar temen-temen ga pusing DC tuh apaan,heheheheheh”, DC sebenernya singkatan dari distrubituion centre atau biar lebih gampangnya DC tuh gudang pusat yang nyimpen persediaan barang minimalnya buat 400 toko alfamart, kebayang kan gedenya segede gimana tuh bangunan DC??
Di alfamart masih ada dua tipe DC pertama DC conveyor yang kedua DC non-conveyor, nah loh pusing lagi ada istilah conveyor, jelasin lagi dikit yah, kalo di DC conveyor proses kerjanya ga semua pake orang tapi udah dibantu pake mesin conveyor, jadi barang yang udah disiapin buat dikirim ke toko udah ga pake orang buat ngangkut-ngangkut barangnya tapi tinggal di simpen di mesin conveyor udah gitu si mesin langsung nempatin barang-barangnya sesuai toko yang mau dikirim “yaaah kalo di DC conveyor udah canggih lah”,  sebaliknya kalo DC yang non-conveyor masih pake orang buat proses kerjanya “kebayang kan buat nyiapin dikitnya 400 toko orangnya sebanyak apa kalo di DC non-conveyor”.
Pertama saya ceritain observasi saya di DC yang non-conveyor dulu yaah. Observasinya di DC Cileungsi 2 yang beralamat di Jl. Raya Narogong Km. 23,8, Cileungsi, Bogor, observasi saya disini tujuanya biar tau gimana alur kerja dari mulai pesen barang ke supplier sampe dengan barangnya dikirim ke toko. Alur kerjanya dimulai dari pihak admin receiving ngirim PO ke pihak supplier, udah PO dikirim tar pihak supplier datang ke DC buat ngasihin barang sama faktur, gak sembarangan main terima aja sebelum barang diterima sama pihak DC driver yang dikirim pihak supplier sebelumnya daftar dulu ke loket pendaftaran buat ngambil nomor antrian bongkar barang, nah pas si driver itu daftar sama pihak admin receiving di proses dulu fakturnya cocok gaknya antara faktur sama PO yang dikirim DC, nah kalo udah cocok tar driver dapet nomor antrian buat di bongkar barangnya. Pas barang di bongkar sama pihak checker receiving di cocokin lagi antara PO, faktur sama fisik barangnya, kalo udah cocok ditempel frequented (data petunjuk barang biar tau barang datangnya kapan jadi expirednya ketahuan) baru sama helper receiving di pindahin tuh barang dari tempat bongkaran ke area transit udah itu keluar yang namanya LPB (laporan penerimaan barang) pas keluar LPB artinya barang udah resmi diterima sama DC. Barang udah di area transit tar di cek lagi sama checker progres udah di cek tar barang di pindahin sama helper progress buat di pindahin dari area transit ke area storage. Udah di area storage tar barang dipindah ke area display pcs buat di picking ke kontainer (tempat barang satuan buat dikirim ke toko)  sama display case buat barang per karton, lalu helper issuing nyiapin barang kartonan sama kontainer yang udah terisi barang satuan buat di grouping per toko sama per gate loading barang di area gruping, setelah itu helper issuing mindahin barang di area grouping ke area loading lalu sama checker issuing barang di cek pake form kolian (form yang isinya data barang apa aja yang dikirim per toko) udah di cek sama checker isuing barang di cek lagi pake form kolian sama driver buat dikirim ke toko lalu di toko form kolian sama fisik barang di cek lagi sama pihak toko. Ketika barang dikirim sama driver ke toko, pihak toko ngasih barang retur sama NRB (nota retur barang) ke driver buat dikirim driver ke DC lagi, barang retur dirposes ada yang barangnya dismpan lagi, ada yang di retur ke supplier, ada yang di bazzar, ada yang dimusnahkan barangnya / dibakar. Yaaah kurang lebih kaya gitu alur barang di DC non-conveyor.
Sekarang nyeritain di DC conveyor, secara garis besar kalo alur barang sama kaya di DC non-conveyor, baiar temen-temen ngerti bedanya diceritain lagi di awal aja yaah. Observasi DC conveyor dilakukan di DC Bogor yang beralamat di Jl. Raya Pemda Kradenan , Kec. Cibinong, Bogor. Alur kerjanya sama dimulai dari pihak admin receiving ngirim PO ke pihak supplier, udah PO dikirim tar pihak supplier datang ke DC buat ngasihin barang sama faktur, nah bedanya pas driver daftar ke loker pendaftaran pihak loket ngasih no antrian sama barcode pallet ke pihak driver, kalo di DC non-conveyor minor palletnya (jumlah tir stake barang) belum teratur jadi pihak DC pesen barangnya bebas meskipun cuma satu karton/dus, kalo di DC conveyor pihak admin ngirim PO ke supplier barangnya per minor pallet misalnya tir 6 stake 4 jadi pihak DC pesen kelipatan per minor paletnya 24 karton dengan resiko bagi supplier ketika misalnya ada satu barang cacad berarti satu minor pallet barang yang ga di terimanaya. Ketika driver supplier dapet giliran bongkar barang pihak checker receiving cocokin antara PO, faktur sama fisik barangnya, kalo udah cocok bedanya kalo di conveyor per minor palletnya di pasang barcode tadi yang dikasih di loket pendaftaran pengganti frequented, baru sama helper receiving di pindahin tuh barang dari tempat bongkaran ke area transit udah itu keluar yang namanya LPB (laporan penerimaan barang) pas keluar LPB artinya barang udah resmi diterima sama DC. Barang udah di area transit tar di cek lagi sama checker progres udah di cek tar barang di pindahin sama helper progress buat di pindahin dari area transit ke area storage bedanya kalo di non-conveyor barang di pindah ke storage mana saja yang kosong kalo di conveyor barang sudah punya tempat sendiri di storage jadi pihak checker lebih mudah cari barang. Udah di area storage lalu barang dipindah ke area display pcs buat di picking ke kontainer sama display case buat barang per karton bedanya kalo di conveyor barang sebelum masuk kontainer kuning (kontainer buat dikirim ke toko) barang dimasukin dulu ke kontainer hijau (kontainer transit), perbedaan paling keliatan disini kalo di non-conveyor barang dari area picking di pindah sama helper kalo di conveyor barang di pindah ke area grouping per toko sama per gate pake mesin conveyor, setelah itu helper issuing mindahin barang dari area grouping ke area loading di area loading checker issuing cek barang pake form kolian udah di cek sama checker isuing barang di cek lagi pake form kolian sama driver buat dikirim ke toko lalu di toko form kolian sama fisik barang di cek lagi sama pihak toko. Pas barang dikirim sama driver ke toko, pihak toko ngasih barang retur sama NRB ke driver buat dikirim driver ke DC lagi, barang retur dirposes ada yang barangnya dismpan lagi, ada yang di retur ke supplier, ada yang di bazzar, ada yang dimusnahkan barangnya / dibakar. Yaaah kurang lebih kaya gitu alur barang di DC conveyor.
Naaah ini momen tegang buat peserta CT, setelah observasi hari seninnya review apalagi reviewernya sama DWHM (deputy warehouse manager). Yaaah meskipun masih dapet koreksian dari reviewer tapi alhamdulilah lancar reviewnya.


Semoga bermanfaat bagi teman-teman blogger.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar